Marhaban yaa Ramadhan

Minggu, 31 Juli 2011

print this page
send email
Alhamdulilah... Bulan Ramadhan telah tiba dan kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini. Satu hal yang pasti, sebagai umat Muslim kita tentunya wajib menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Tapi tidak cukup sampai disitu aja lho,.. sholat lima waktu juga gak boleh ketinggalan..meskipun yang nulis ini masih bolong2 juga sholatnya,he...

Q.S. Al Baqarah ayat 183 :

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Dengan kepala agak sakit, perut laper, tangan pegal dan gigi mau sakit juga kucoba untuk menulis di blog ini. Meski hasil tulisaannya acak kadul gak karuan, tapi tak apalah..sebagai ajang belajar dan menuangkan imajinasi-imajinasi yang gak bermutu dariq,he.. 

Sebenernya Puasa itu apa sih ??? ehm....... ini dia saya ambil dari blog tetangga,he..

Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Detailnya, puasa adalah menjaga dari pekerjaan-pekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama pada sepanjang hari tersebut (sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala.

Adapun rukunnya adalah menahan diri dari makan dan minum, menjaga kemaluannya (tidak bersenggama), menahan untuk tidak berbuka, sejak terbitnya ufuk kemerah-merahan (fajar subuh) di sebelah timur hingga tenggelamnya matahari. Firman Allah swt : "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (Al-Baqarah: 187).

Ibn 'Abdul Bar dalam hadis Rasulullah saw "Sesungguhnya Bilal biasa azan pada malam hari, maka makan dan minumlah kamu sampai terdengarnya azan Ibn Ummi Maktum", menyatakan bahwa benang putih adalah waktu subuh dan sahur hanya dikerjakan sebelum waktu fajar".

Berhubung mata sudah gak mau diajak kompromi, itu dulu pengertian puasa menurut blog tetangga,he.. sebagai Direktur blog ini saya mengucapkan

Selamat menunaikan ibadah puasa......
Marhaban yaa Ramadhan 1432 H................... 

Dengan niat yang tulus dan hati yang bersih, mari kita sambut bulan ramadhan ini dengan penuh suka cita, kita laksanakan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim dengan ikhlas mgharap ridho Allah SWT. Amin.

udah ah..sambung besok lagi..

0 komentar:

Posting Komentar